Menu

Jumat, 26 Februari 2016

Blog (Definisi dan Manfaat dalam Pembelajaran)

Definisi Blog


Blog berasal dari kata web log yang secara sederhana berarti jurnal online, Secara alamiah, blog adalah sebuah website yang berisi blog post, blog page, blog comment, dan RSS feed (Prakoso, 2009, hlm.16).

Blog post, yaitu kumpulan artikel atau tulisan yang diterbitkan berdasarkan kronologi waktu, Blog post sering disingkat menjadi post, Blog post ini adalah isi utama sebuah blog dan disebut blog content. Blog page, yaitu halaman statis yang tidak berdasarkan urutan waktu. Blog comment, yaitu komentar Yaitu komentar yang ditulis oleh pembaca blog. RSS feed. RSS atau Rich Site Summary adalah ringkasan blog content yang dibagi ke website lain.

Manfaat Blog dalam Pembelajaran


Beberapa manfaat blog adalah meningkatkan pengetahuan, berbagi sumber diantara rekan sejawat, bekerjasama dengan pengajar di luar negeri, kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung. Mengatur komunikasi secara teratur, berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional (Kristiyanti, 2011, hlm.41).

Sedangkan beberapa manfaat penggunaan blog dalam pembelajaran yaitu (Kustijono, 2012, hlm.16) :
  • Blog membolehkan pelajar yang mempunyai kemahiran web menggunakan sumber informasi kegemaran mereka (melalui internet) secara sah dan sesuai serta mengaplikasikan kemahiran mereka dalam program tersebut.
  • Dapat meningkatkan motivasi siswa agar aktif dalam proses pembelajaran karena menulis blog harus memikat dan menarik.
  • Dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa yang kurang mahir internet melalui pembelajaran teman sebaya.
  • Dapat memberi siswa informasi terkini mengenai bahan pembelajaran mereka.
  • Dapat mengembangkan pemikiran kritis (dan juga cara-cara yang sesuai untuk mengutarakan pemikiran tersebut dalam bentuk tulisan) melalui penggunaan ruang komentar dan bentuk balikan yang lain.
  • Dapat menjadi portal kreatif dan inisiatif sendiri, karena gagasan yang bagus bukan saja diberi ganjaran melalui nilai yang tinggi, bahkan mendapat respon secara langsung dari pengunjung blog.
  • Dapat membuat program yang direncanakan lebih mudah dilihat di internet dan memberikan gambaran positif yang jelas, dan dapat menghasilkan komitmen yang tinggi dari siswa terhadap program tersebut dan perasaan banga terhadap hasil kerja mereka.
  • Dapat menjadikan pembelajaran lebih adil dan setara, bukan secara hierarki, dan guru bertindak sebagai pendamping, bukan satu-satunya sumber informasi dan tafsiran. 

Referensi :

  • Kristiyanti, M. (2011). Blog Sebagai Alternatif Media Pembelajaran. Majalah Ilmiah Informatika, 33-45.
  • Kustijono, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Inquiri Melalui Pengembangan Blog Pembelajaran Fisika Dalam Mata Kuliah Multimedia. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 10-22.
  • Prakoso, A. (2009). Mantra Uang dari Wordpress Blog. Jakarta: Grasindo.


5 komentar:

  1. thank's gan postingannya, buat referensi gw

    BalasHapus
  2. Media Pembelajaran memang sangat penting agar pembelajaran lebih interaktif dan komunikatif. Tentu saja, bagi guru harus bisa membuat media pembelajran itu yang sesuai dengan yang diajarkan agar lebih bermakna.

    BalasHapus
  3. Lumayan buat referensi ni.
    Di tunggu postingan-postingan lainnya.
    yang mengacu dalam media pendidikan.
    Terima kasih

    BalasHapus
  4. Bagus untuk referensi.kadang hal-hal mendasar bisa terlupakan kawan. makasih sharingnya.

    --- Konsultan Pengadaan mesin bordir komputer --

    BalasHapus
  5. saya baru tau kalo Blog berasal dari kata web log yang secara sederhana berarti jurnal online, Secara alamiah, blog adalah sebuah website yang berisi blog post, blog page, blog comment, dan RSS feed (Prakoso, 2009, hlm.16) huhu makasih gan infonya . udah lama maen blog tapi gatau maknanya , wkwk
    salam . main main ke blog ku yya http://catelliyaflorist.blogspot.co.id/

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html