Menu

Kamis, 14 Januari 2016

Belajar Pemrograman Java chapter 1 (Program Pertama)


Assalamualaikum sob ! Kali ini saya akan berbagi cara membuat program java menggunakan Netbeans IDE 8.1. Check this out...!

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka dahulu program NetBeans IDE 8.1. Setelah program terbuka akan terlihat GUI seperti dibawah.


Untuk membuat sebuah project. Klik File --> New Project. Pada Jendela baru yang muncul pilih java pada tab categories lalu pilih Java Application pada tab Projects, Kemudian klik Next.

Langkah selanjutnya, ganti Project Name sesuai kebutuhan anda, tentukan lokasi dimana file akan disimpan. Dan isi nama Create Main Class sesuai kebutuhan anda. Klik Finish.

Maka akan muncul tampilan project yang sudah terisi beberapa skrip program seperti gambar di bawah.

Masukkan kode program dibawah kode //TODO, dalam contoh ini saya menuliskan program
System.out.println("Assalamualaikum Dunia!");

Untuk Mengkompilasi program yang dibuat, pilih Run --> Build Project. Jika program tidak terjadi error maka akan muncul tulisan BUILD SUCCESFULL

Untuk menjalankan program, pilih Run --> Run Project, atau pilih shortcut run.

Maka akan ditampilkan hasil program pada kotak yang berada di bawah kotak penulisan program.

Sekian untuk postingan kali ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html