Pengertian Manajemen, Administrasi dan Pendidikan

Pengertian Manajemen
  1. Secara etimologis, Manajemen merupakan terjemahan dari management (bahasa Inggris) yang berasal dari kata manage atau magiare yang berarti melatih kuda untuk melangkahkan kakinya. Dalam pengertian manajemen terkandung dua kegiatan yaitu kegiatan berpikir (mind) dan kegiatan tingkah laku (action) (Sahertian, 1982)
  2. Manajemen adalah Penggunaan efektif  sumber-sumber tenaga manusia dan bukan manusia serta bahan material lainnya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan (B Suryobroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah)

Pengertian Administrasi
  1. Secara etimologis, administrasi berasal dari kata “ADministrate” yaitu kombinasi dua kata latin yang terdiri dari “AD” dan “Ministrate” yang berarti “to serve” melayani, membantu, dan memenuhi. Lebih jelas lagi “AD” berarti intensif dan “Ministrate” berarti melayani, membantu atau mengarahkan. Jadi secara etimologis Administrasi berarti melayani secara intensif. Kata “Administratio” dan “Administrativus” kedalam bahasa Inggris menjadi “Administration” dan diubah kedalam bahasa Indonesia menjadi Administrasi.
  2. Menurut Slamet 1961. Administrasi adalah kegiatan-kegiatan terencana yang dilakukan oleh orang-orang / kelompok orang-orang yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Pendidikan
  1. Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses dengan metode tertentu sehingga orang memiliki kemampuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Menurut Poerbakawatja dan Harahap 1981, pendidikan adalah usaha yang dilakukan oleh orang dewasa untuk dengan pengaruhnya dapat meningkatkan si anak menuju kekedewasaannya yang selali dikaitkan dengan mampu melakukan tanggung jawab moril terhadap segala perbuatannya.

Administrasi dan Manajemen pada intinya memiliki pengertian yang sama yaitu pengelolaan atau mengatur. Administrasi selalu dikaitkan dengan kegiatan surat-menyurat atau tata usaha.
Kegiatan Tata usaha mencakup :
  1. Korespondensi (Surat menyurat)
  2. Ekspedisi (Pengiriman dan penerimaan)
  3. Pengarsipan (Pengaturan dan penyimpanan informasi)
Manajemen diartikan sebagai penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan bersama.
Ciri-ciri Administrasi atau manajemen :
  1. Punya tujuan
  2. Optimalisasi sumber daya (man, money, material, machine, method, marketing)
  3. Berpikir efektif dan efisien
  4. Ada proses (Planning, Organizing, Actuating, Controlling)

Posting Komentar untuk "Pengertian Manajemen, Administrasi dan Pendidikan"