Menu

Senin, 19 Maret 2012

SISTEM CACHE PADA PENTIUM 4


Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang sisitem cache pada pentium 4 .Pertama kita harus mengetahui definisi beberapa kata dahulu seperti "Apa sih itu cache ?"
  
  cache adalah tempat menyimpanan sementara. Sesuai definisi tersebut cache di dalam komputer  adalah tempat menympan data sementara. ini berfungsi untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, misalnya ketika kita membuka suatu aplikasi misal Auto CAD, dalam membuka aplikasi tersebut untuk membuka yang kedua kalinya atau lebih, akan lebih cepat aplikasi tersebut terbuka dibanding pada saat pertama kali dibuka. Ini karena dalam pengaktifan aplikasi yang pertama alamat aplikasi tersebut sudah tersimpan dalam memori cache, sehingga ketika hendak dibuka kembali, sistem tidak perlu mencari lokasi aplikasi tersebut karena telah tersimpan dan ketika hendak dibuka kembali tinggal mengambilnya.

pengertian cache telah kita ketahui bersama dari definisi diatas yang intinya adalah cache dapat mempercepat kerja komputer untuk mengoperasikan suatu aplikasi yang telah dibuka. Selanjutnya, karena judulnya adalah membahas sistem cache pada pentium 4, dibawah ini adalah penjelasannya :

Pentium 4 adalah mikroprosesor generasi ketujuh yang dibuat oleh Intel Corporation dan dirilis pada bulan November 2000 meneruskan prosesor Intel pentium III. Nama perkenalan generasi awalnya adalah Willamette, kemudian dikembangkan kembali dengan nama perkenalan Northwood, Prescott, dan Cedar-Mill.
ORGANISASI CACHE PENTIUM 4 DAN POWERPC

ORGANISASI CACHE PENTIUM 4

Inti prosesor terdiri dari empat komponen utama:
• Unit Fetch/Decode
• Out of order execution logic
• Unit Exekusi
• Subsistem Memori

Penggunaan secara sederhana, operasi mikro panjang tetap memungkinkan penggunaan pipelining skala super dan penjadwalan teknik yang meningkatkan kinerja.


ORGANISASI CACHE POWERPC

Organisasi cache PowerPC telah meningkatkan secara menyeluruh arsitektur dari kelompok PowerPC mencerminkan kemudahan kinerja yang mengarahkan kekuatan bagi semua perancang mikroprosesor. Inti eksekusi unit adalah dua bilangan bulat aritmatik dan unit logika, yang dapat eksekusi secara paralel, dan suatu unit titik balik dengan registernya sendiri dan perkaliannya, penambahannya, dan komponen pembaginya. Cache data menyediakan kedua-duanya baik bilangan bulat maupun operasi titik balik melelui suatu unit load/store.  
Cache L1
Cache data : 8 KB (Wilamette, Northwood); 16 KB (Prescott, Cedar-Mill)
Cache instruksi : 12 KB
Cache L2
256 KB, 512 KB, atau 1.024 KB, dalam tubuh, kecepatan penuh (setara dengan kecepatan prosesor) dengan lebar lajur 256-bit
Jenis cache L2
Asosiatif delapan lajur, mendukung ECC



Secara detail, Pentium 4 memiliki penambahan beberapa fitur pada cache memorinya, yaitu adanya Level 1 Execution Trace Cache (L1 ETC) dan adanya Peningkatan Advance Transfer Cache (ATC). Berikut penjelasannya :



Level 1 Execution Trace Cache (L1 ETC)

Sebagai tambahan untuk standar level 1 data cache 8 KB, Pentium 4 memasukkan 12 KB L1 ETC. Cache tersebut menyimpan instruksi micro-op yang terbaca karena instruksi-instruksi tersebut akan dieksekusi, mengoptimalkan efisiensi dan kinerja media penyimpanan dengan cara menghilangkan micro-op yang terbaca dari perulangan eksekusi utama dan hanya menyimpan instruksi micro-op tersebebut yang dibutuhkan saja. Dengan mengolah instruksi micro-op sebelum mereka dibutuhkan, maka L1 ETC dapat memastikan bahwa unit pengeksekusian prosesor kadang-kadang harus menunggu berbagai instruksi, dan efeknya adalah beberapa hal yang memungkinkan adanya salah prediksi (mispredictions) dapat diminimalisir.



Peningkatan Advance Transfer Cache (ATC)

Intel telah menambah performa dari L2 ATC yang pertama kali muncul pada saat Pentium III diluncurkan. Pentium 4 menggunakan non-blocking, asosiatif delapan jalur, inklusif, on-die, L2 cache yang memiliki kecepatan penuh (setara dengan kecepatan prosesor) dengan lebar lajur 256-bit. Dikarenakan clock Pentium 4 lebih cepat dari pada Pentium III, maka L2 cache nya pun mendukung transfer data dengan data rate yang lebih besar. Sebagai contoh, Pentium III yang memiliki clock 1 GHz mentransfer data pada L2 cache dengan kecepatan 16 GB/s, sedangkan Pentium 4 yang memiliki clok 1,5 GHz mentransfer data pada L2 cache dengan kecepatan 48 GB/s (hanya dengan perbedaan clock satu setengah kali saja mampu menambah transfer rate sebanyak tiga kali lipat). ATC juga mendukung peningkatan Data Prefetch Logic (DPL) yang dapat mengantisipasi data apakah yang akan dibutuhkan oleh program dan mengisinya kedalam cache sebelum data tersebut dibutuhkan. Pentium 4 dengan core yang bernama Willamette mempunyai L2 cache sebesar 256 KB, sedangkan core Northwood mempunyai L2 cache sebesar 512 KB.


 sumber :

http://agussale.com/penjelasan-tentang-cache-memory

http://gandhyrokhman.blogspot.com/2009/11/generasi-prosesor-pentium-4.html

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html