perkembangan RAM


RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar - besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pada tahun 1981. Dari sini lah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakannya, RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik). 

D R A M
Pada tahun 1970, IBM menciptakan sebuah memori yang dinamakan DRAM. DRAM sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Random Access Memory. Dinamakan Dynamic karena jenis memori ini pada setiap interval waktu tertentu, selalu memperbarui keabsahan informasi atau isinya. DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz.
FP RAM
Fast Page Mode DRAM atau disingkat dengan FPM DRAM ditemukan sekitar tahun 1987. Memori jenis ini bekerja layaknya sebuah indeks atau daftar isi. Arti Page itu sendiri merupakan bagian dari memori yang terdapat pada sebuah row address. Ketika sistem membutuhkan isi suatu alamat memori, FPM tinggal mengambil informasi mengenainya berdasarkan indeks yang telah dimiliki. FPM memungkinkan transfer data yang lebih cepat pada baris (row) yang sama dari jenis memori sebelumnya. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50ns. Selain itu FPM mampu mengolah transfer data (bandwidth) sebesar 188,71 Mega Bytes (MB) per detiknya.
EDO RAM
Extended Data Output Dynamic Random Access Memory (EDO DRAM) yang merupakan penyempurnaan dari FPM. Memori EDO dapat mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen.
SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid state. SDRAM, pada awalnya berjalan pada kecepatan 66 MHz untuk dipasangkan dengan prosesor Intel Pentium Pro/Intel Pentium MMX/Intel Pentium II, dan terus ditingkatkan menjadi kecepatan 100 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium III/AMD Athlon), hingga mentok pada kecepatan 133 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium 4 dan AMD Athlon/Duron).
S I M M
Kependekan dari Single In-Line Memory Module. Memori jenis ini hanya mempunyai jumlah kaki (pin) sebanyak 30 dan 72 buah. SIMM 30 pin berupa FPM DRAM, banyak digunakan pada sistem berbasis prosessor 386 generasi akhir dan 486 generasi awal. SIM 30 pin berkapasitas 1MB, 4MB dan 16MB.
RAM DDR4 
Standar memori DDR4 telah didemonstrasikan beberapa waktu lalu (antara tanggal 19 sampai dengan 23 februari 2012) pada ajang ISSCC (International Solid-State Circuits Conference).

Konferensi tersebut merupakan kesempatan sempurna untuk mengungkapkan generasi chip DRAM (Dynamic Random Access Memory). Sumber dari TechEye melaporkan bahwa, ada dua perusahaan yang ikut serta dalam ajang penemuan atau 'inventions' tersebut. Salah satu perusahaan tersebut adalah Hynix, perusahaan yang telah mendukung perangkat DDR4. Dikabarkan RAM tersebut bekerja pada kecepatan 2400Mhz (2400Mb per detik) dan membutuhkan daya sebesar 1,2 volt.

  sumber :
http://www.wartanews.com/read/Techno/a20b4143-a4ad-c6a7-7d58-0dfbbe716d3e/RAM-DDR4-Mulai-Diproduksi-Tahun-2013

dhew1.blogspot.com/2008/05/jenis-jenis-dan-model-ram.html


 
 




 

Posting Komentar untuk "perkembangan RAM"