SEDIKIT SEJARAH TENTANG LISTRIK



Listrik pertama kali ditemukan di Yunani oleh seorang cendikiawan yang bernama Thales, yang mengemukakan tentang sebuah fenomena batu ambar yang apabila digosok-gosokkan dapat menarik bulu sebagai fenomena listrik.Setelah sekian lama pendapat Thales ini dikemukakan,kemudian bermunculanlah berbagai pendapat serta teori baru mengenai listrik dari beberapa tokoh yang sampai saat ini nama mereka masih dikenal. Seperti, William Gilbert, Joseph priestley, Charles De Coulomb, AmpereMichael Farraday, Oersted, dll.
BEN FRANKLIN

Banyak orang berpikir Benyamin Franklin menemukan listrik terkenal dengan layang-layang percobaan pada 1752, namun listrik tidak ditemukan sekaligus. Pada awalnya, listrik dikaitkan dengan cahaya. Orang ingin yang murah dan aman cara untuk cahaya rumah mereka, dan para ilmuwan berpikir bahwa listrik mungkin dapat digunakan sebagai solusinya.


MICHAEL FARADAY

Dia adalah ilmuwan Inggris yang diberi julukan sebagai “Bapak listrik”, karena usahanya listrik menjadi penunjang bagi teknologi yang banyak manfaatnya.Ia mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan termasuk elektromagnetisme dan elektro kimia.Dia juga menemukan alat yang nantinya menjadi pembakar Bunsen, yang digunakan hampir di seluruh laboratorium sains sebagai sumber panas yang praktis.

Dia lahir pada tanggal 22 September 1791 di Newington Butts, Inggris. Orang tua tergolong miskin.Ayahnya hanya seorang tukang besi, Namun waktunya dimanfaatkan untuk membaca berbagai jenis buku. Terutama, ilmu pengetahuan alam, Fisika, dan kimia serta mengikuti ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuan inggris terkenal. Penemuannya tentang listrik adalah pada tahun !821 yang pada dua tahun sebelumnya Oersted menemukan bahwa jarum magnet pada kompas dapat beringsut jika arus listri dialirkan pada kawat yang tidak berjauhan.
Dari temuan tersebut Faraday berkesimpulan bahwa jika magnet diketatkan, maka yang bergerak justru  kawatnya.Bekerja atas dugaan ini, dia berhasil membuat suatu skema yang jelas dimana kawat akan terus menerus berputar berdekatan dengan magnet sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat.

Dalam banyak percobaan yang dilakukan pada tahun 1831, ia menemukan bahwa bila magnet dilalui sepotong kawat, arus akan mengalir dikawat, sedangkan magnet bergerak. Keadan ini disebut “pengaruh elektromagnetik” dan penemuan ini disebut “HUKUM  FARADAY”.

Posting Komentar untuk "SEDIKIT SEJARAH TENTANG LISTRIK"